dceevea

Selasa, 03 Januari 2012

PERJALANAN KARIR SUPER JUNIOR

Ini kisah perjalan super junior dari awal sampai sekarang, ada juga kisah terbentuk sub-grup SuJu..

Let’s see..!!
Grup band asal korea ini memang luar biasa. Personilnya terdiri dari Leeteuk sebagai leader, Heechul, Hankyung, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun.
Band Korea ini dibawah asuhan SMent. Nama fans club mereka dikenal dengan sebutan E.L.F ( Ever Lasting Friend ). Jadi, pada tanggal 6 November, para E.L.F merayakan hari jadi Super Junior.
Dulu, waktu tanggal 6 November 2005, Super Junior menyanyikan single pertama mereka yaitu TWINS ( Knock Out ) di SBS Inkigayo. Tidak hanya itu, Tiap kali Super Junior konser, para E.L.F selalu membawa balon berwarna biru ( Sapphire Blue ) hingga terlihat seperti lautan. ^^
  Awalnya, Super Junir memakai nama O.V.E.R ( Obey the Voice for Each Rhytm ), tetapi pihak SMent lebih suka dengan nama Super Junior karena para melihat para member memiliki bakatnya masing – masing.

Super Junior 05

Kali pertama, mereka memakai nama Super Junior 05. Terdiri dari 12 member kecuali Kyuhyun. Single pertama mereka “ TWINS ( Knock Out )”. Debut album Super Junior , dinyanyikan tanggal 6 November dengan lagu andalannya “ You are the one” dan 3 lagu tambahan yang dirilis secara online. Sebulan berikutnya, tanggal 6 Desember 2005 muncullah album mereka dengan lagu – lagu yang lebih lengkap. Album perdana mereka terjual sampai 28.536 kopi di bulan pertama.
Masih pada bulan Desember, mereka merilis lagu Show me your love bersama dengan DBSK. “ Show me your love “ terjual sampai 49.945 copy dalam waktu hanya sebulan.
Februari 2006, Super Junior 05 mengadakan promo album yang kedua yaitu dengan singlenya “ Miracle “. Setelah itu, SMent berencana membuat Super Junior 06 dengan menyeleksi anggota Super Junior 05, tapi hal itu ditentang oleh fans. Dan akhirnya Super Junior 06 tidak jadi dibuat dan memakai nama Super Junior tanpa lagi memakai tambahan angka dibelakangnya.


Super Junior

Kehadiran Kyuhyun membuat Super Junior berubah menjadi 13 member. Tanggla 23 Mei 2006, mereka merilis single “ U “ secara online. Lagu “ U “ berhasil mendapat penghargaan Mutizen Award di SBS Inkigayo. Setelah itu, Super Junior membuat album lagi “ Don’t Don “ yang dilanjutkan dengan album ke-3 Super Junior yang berjudul “Sorry Sorry“. Lalu album ke-4 mereka yang berjudul “Miina ( Bonamana)”.
Album ke-4 yang dirilis pada tanggal 13 Mei 2010. Dalam album ini, member Super Junior hanya beranggotakan 10 orang. Kangin masuk wamil ( wajib militer ), Kibum lagi aktif di dunia acting, dan Hankyung lagi banyak masalah pribadi dan memilih bersolo karir.


Super Junior K.R.Y.
Super sub-unit pertama, balada-menyanyi trio Super Junior K.R.Y, memulai debutnya pada tanggal 5 November 2006 dengan pertunjukan lagu tema Hyena, “The One I Love” pada program musik KBS Music Bank.
Sub-unit ini beranggotakan: Kyu Hyun, Ryeo Wook dan Ye Sung. Sesuai nama grup mereka yang berupa singkatan dari inisial nama para anggota Super Junior K.R.Y.


Super Junior T
Sub-unit kedua tiba pada bulan Februari 2007 yang disebut Super Junior-T. Mereka merilis single pertama mereka “Rokkugo” di 23 Februari 2007 dan membuat debut performa di Lagu-lagu Populer dua hari kemudian.
Pada November 2008, Super Junior-T kembali, kali ini sebagai kelompok bernyanyi di Jepang, yang disebut SuperJunior-TxMoeyan; Moeyan menambahkan grup ini, seorang wanita yang terkenal dua kelompok komedi di Jepang. “ROCK & GO”, sebuah bahasa Jepang versi “Rokkugoh!!”, debut di #19 di Oricon Charts Harian dan melompat ke #2 tiga hari kemudian.
Sub-unit ini beranggotakan: Lee Teuk, Hee Chul, Kang In, Shin Dong, Sung Min dan Eun Hyuk.


Super Junior M
Pada tanggal 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-unit ketiga Super Junior, Super Junior-M, sebuah subkelompok yang ditujukan untuk pasar Cina. Sementara pembentukan subkelompok singkat menciptakan kontroversi di antara para penggemar dan manajemen, Super Junior-M menjadi sebuah kesuksesan fenomenal di Cina, memiliki kesempatan untuk memiliki dua terjual habis konser di Hong Kong, atas peringkat mingguan dengan penampilan mereka di berbagai program, dan menjadi kelompok berhala yang paling pengesahan kontrak di China. Dengan tidak adanya hampir separuh dari anggota di Korea, sub-unit keempat Super Junior ini terbentuk pada tahun yang sama untuk mencegah Super Junior dari menghilang dalam industri musik Korea.
* Sub-unit beranggotakan ( lama ) : Han Geng , Dong Hae , Si Won , Ryeowook , Zhou Mi ,          
   Kyuhyun , dan Henry Lau . 
* Sub-unit ini beranggotakan ( baru ) : Dong Hae , Si Won , Ryeo Wook , Eunhyuk , Sungmin ,        
   Zhou Mi, Kyu Hyun dan Henry Lau. 



Super Junior Happy
Dengan lima anggota dari Super Junior-T dan Yesung, mereka membentuk subkelompok, Super Junior-Happy. Super Junior-Happy merilis “Cooking? Cooking!” pada 5 Juni 2008, dan promosi berakhir pada 7 September, yang berlangsung selama empat bulan.
Sub-unit ini beranggotakan: Lee Teuk, Ye Sung, Kang In, Shin Dong, Sung Min dan Eun Hyuk.


Kang In Dalam Masalah
Belum lama kasus penyerengan yang melibatkan Kang In, sekarang Kang In terlibat masalah lagi. Kang In dikenakan denda setelah melarikan diri dari kecelakaan saat dia mengemudi dalam keadaan mabuk. Pada 16 oktober, tepat 1 bulan setelah kasus penyerangan pada 16 september lalu. Menurut polisi Gangnam Seoul, pada pukul 3 pagi Kang In yang sedang menyetir dalam keadaan mabuk, menabrak sebuah taksi yang di dalamnya terdapat seorang supir dan 2 orang penumpang. Untung saja tidak terjadi apa-apa pada supir dan penumpang tersebut. Dan akhirnya, pada pukul 8 pagi, Kang In menyerahkan diri ke Polisi Gangnam.


Han Geng dan Tuntutannya
Hangeng memasukkan 6 gugatan terhdap SME terkait soal kontrak kerja. Kurang lebih, dengan bahsa yang gampang dicerna, berikut ini adalah 6 point penting yang akan diperkearakan di meja hijau.
Kontrak dibuat bedasarakan Superioritas
Hangeng  Pertama kali menandatangani kontrak pada usia 18 tahun, tepatnya  tahun 2003 silam. Dan kabarnya kontrak ini ditandatangani secara sepihak oleh SM, Hangeng yang saat itu masih dibawah umur sama sekali tidak mengetahui isi kontrak tersebut.
Jangka waktu kontrak ekslusif
Kontrak ekslusif periode pertama dimulai sejak tahun 2005, saat album twins 05 rilis. Hangeng dikontrak secara eskslusif selama 10 tahun. Dan kontrak tersebut diperbaharui pada February 2007 dan yang kedua diubah lagi pada December 2007. Di kontrak pada bulan Desember inilah, kontraknya diperpanjang selama 3 tahun. So, total lamanya kontrak Hangeng ialah 13 tahun terhitung sejak 2005, dan baru berakhir pada Desember 2018 saat usianya sudah 35 tahun. Alasan kesehatan menjadi pertimbangan mengapa Hangeng tidak ingin kontrak kerjanya baru  berakhir di usia 35 tahun. Sepertinya Hangeng sendiri tidak ingin terus – terusan diperbudak jadwal kerja tanpa istirahat seperti yang sekarang dilakukannya.
Andaikan kesepakatan gagal ditempuh, dan  Hangeng tetap akan mengakhiri meski harus membayar membayar total kerugian hingga 3 x lipat. Dengan ini, maka baik pihak SM maupun Hangeng sendiri akan sama – sama menderita total loss.
Tidak adanya Hak dan Kewajiban yang jelas dalam kontrak.
Hangeng mengatakan inilah yang menjadi beban karena dirinya tidak bisa menyuarakan hak-nya dalam setiap kegiatan dan aktifitas. Hangeng diminta mengikuti instruksi tanpa syarat lagi, dan ia menginginkan adanya penyesuaian hubungan kerja yang lebih baik.
System  Denda
SM menerapkan system denda apabila artis tersebut terlamabat datang ke pelatihan, absen, dsb. Denda pelanggaran pertama sebesar 10.000 won ( 100.000 ), denda kedua 20.000 won, dan seterusnya. Jika ia tidak mendapatkan panggilan telepon selama 1 hari, SM punya hak untuk mengakhiri / membatalkan kontrak. Kemudian melanjutkan tentang kompensasi jika ada penghentian kontraknya dari 5 – 15 juta won.
Jadwal kerja yang gila – gilaan
Kinerja yang dibuat oleh manajer (yang dipilih oleh sm) yang harus dilakukan tak peduli apapun itu. Hangeng cukup mengalami tekanan psikologis dalam hal ini.
Barulah soal Profit
Selama kontrak berjalan, SM mengklaim semua komposisi music, gubahan lagu, dll. Bahkan musik yang ditulis oleh Hangeng  tidak boleh digunakan tanpa seizin SM. 2% dari hasil penjualan baru bisa mereka terima apabila bisa menjual 50.000 ekslempar. Hangeng berharap persentase pembagian hasil ini bisa diperbaiki hingga 10% mengingat Superjunior sendiri terdiri dari 13 anggota yang mengharuskan pembagian juga di-split menjadi 13. Menurutnya SM tidak akan mengalami masalah keuangan yang berarti karena stuktur fondasi keuangan mereka hampir tidak mengandung resiko.
Tampaknya system kontrak SM memang harus dirombak dan lebih ditransparansi. Secara posisi, Hangeng jauh lebih kuat dibanding trio DBSK. Setidaknya secara karir, Hangeng tidak akan mengalami masalah melihat popularitasnya di China yang begitu tinggi, mudah baginya untuk melanjutkan karir di dunia hiburan. Sedangkan untuk SM sendiri ? Hangeng merupakan lumbung emas SM di industry China, entah berapa banyak kerugian yang akan mereka alami bila tambang uang mereka di China lepas begitu saja. Bagaimana dengan nasib member suju-M yang lain ? Mungkin inilah alasan mengapa Hangeng dengan dengan yakin meminta agar tuntutannya ini diproses secara singkat. Andaikan kalah-pun Dia hanya perlu membayar denda yang tentunya secara nominal jauh lebih sedikit nilainya dibanding kerugian yang akan dialami SM nantinya.
So, tak heran sejauh ini SM bersikap jauh lebih lunak dan berniat melakukan musyawarah.
Dan mungkinkah ini cara halus Superjunior menuntut hak mereka pada SM ?
Mereka gak menyerang secara langsung seperti yang dilakukan DBSK, tetapi  menggunakan Hangeng, yang memiliki backing-an kuat, dan sulit diutak-atik SM secara hukum untuk merubah dan memperjuangkan hak mereka soal kontrak kerja. Karena apabila gugatan Hangeng dikabulkan SM, maka kontrak kerja seluruh member SJ tentunya akan ikut mengalami perubahan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar